SNA

Simposium Nasional Akuntansi (SNA) merupakan kegiatan tahunan IAI KAPd dan merupakan pertemuan akbar akuntan di Indonesia. Pada kegiatan tersebut bertemua para peneliti, akademisi, praktisi dan juga mahasiswa akuntansi. Mereka saling bertukar pengetahuan, pengalaman, penelitian dan menjalin kerjasama. Dari tahun ke tahun kegiatan SNA semakin semarak dengan beragamnya acara dan kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan akuntansi.
Pada SNA XVII, tema yang diangkat adalah “PERANAN AKUNTAN DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI PELAPORAN TERINTEGRASI”. Tema ini diangkat untuk menegaskan kembali bahwa akuntan memiliki peranan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan demi mewujudkan kesejahteraan berkelanjutan. Perkembangan pelaporan akuntansi internasional menuju pelaporan terintegrasi menjadikan peran akuntan dalam pelaporan entitas semakin luas, tidak hanya melaporkan aspek keuangan namun informasi non keuangan sebuah entitas. Tanggung jawab entitas secara komprehensif dalam menciptakan profit, menyelamatkan planet, dan memperhatikan people (tripple bottom line), akan menjamin pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan karena tidak ada mengejar pertumbuhan saat ini namun juga menghasilan pertumbuhan keberlanjutan di masa depan.

Pelaporan entitas akan diarahkan untuk dapat menginformasikan aktivitas entitas dalam melaksanakan tanggung jawab kepada people, profit dan planet. Untuk itu diperlukan perubaan paradigma dalam akuntansi, karena akuntan harus melaporkan ketiga tanggung jawab tersebut dalam laporan keuangan, laporan tahunan maupun dalam laporan keberlanjutan. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan modifikasi kurikulum pembelajaran, pengembangan bidang ilmu dan kesiapan sumber daya manusia.

SNA akan membahas perkembangan praktik pelaporan terintegrasi dalam perusahaan, institusi strategis seperti BI dan perkembangan regulasi pelaporan yang dikeluarkan oleh regulator. Akan didiskusikan pula perkembangan penelitian pada bidang tersebut serta perkembangan praktik dan standar internasional pelaporan terintegrasi. Aspek kesiapan SDM dalam menyiapkan pelaporan terintegrasi dan kesiapannya dalam menghadapi persaingan global akan melengkapi pembahasan acara utama SNA.

Selain seminar utama, acara SNA akan diisi dengan kegiatan diskusi penelitian yang akan menampilkan hasil-hasil penelitian akuntansi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa akuntansi. Paper yang dipresentasikan dalam acara ini merupakan paper yang telah diseleksi oleh tim reviewer dari paper yang masuk ke panitia. Diskusi akan dilaksanakan dalam kelas paralel sesuai dengan bidang penelitian. Kegiatan ini akan memberikan gambaran bagaimana perkembangan penelitian akuntansi di Indonesia. Untuk dosen dan mahasiswa mengikuti diskusi tersebut dapat membuka wawasan dan memberikan ide-ide baru penelitian.

Kegiatan SNA merupakan pertemuan akbar untuk meningkatkan kompetensi dosen dan pengelola program studi. Pada hari pertama kegiatan SNA diawali dengan workshop forum dosen. Dalam workshop ini dosen akan berkumpul dalam bidang masing-masing untuk mendiskusikan:
– Pengembangan kurikulum mata kuliah terkait dengan bidang tersebut
– Pengembangan metodologi pengajaran yang tepat dalam mengajarkan bidang ilmu tersebut
– Perkembangan bidang ilmu, praktik atau regulasi yang terkait dengan bidang ilmu
– Perkembangan penelitian bidang ilmu
– Pembahasan mengenai potensi network dan kerjasama antar dosen dalam satu rupun bidang ilmu termasuk pemilihan koordinator.

Kegiatan forum dosen ini akan dibagi dalam kelas paralel untuk bidang ilmu berikut:
1. Akuntansi Keuangan
2. Akuntansi Manajemen
3. Akuntansi Sektor Publik
4. Akuntansi Syariah
5. Auditing
6. Perpajakan
7. Sistem Informasi Akuntansi
8. Governance dan CSR

Melalui diskusi dalam pertemuan ini dosen dapat mengupdate pengetahuan, memperoleh sharing pengalaman serta mengembangkan kerjasama dengan dosen lain. Harapannya kegiatan ini dapat mengurangi kesenjangan kualitas pengajaran sehingga akan terdapai keseragaman kompetensi untuk masing-masing bidang ilmu.

Untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dosen dalam penelitian, SNA juga menyediakan forum khusus untuk meningkatkan kemampuan penelitian dan publikasi. Kegiatan dalam forum penelitian akan diisi dengan diskusi dalam kelas paralel oleh para pakar dan peneliti Akuntansi untuk beberap topik berikut ini:
• Bagaimana membuat hipotesis
• Teknik menyusun kuesioner
• Penelitian Kualitatif
• Bagaimana mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal internasional

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menyelesaikan studinya. Melalui forum ini pengetahuan penelitian dosen dapat meningkat. Sharing dari para pakar akan membuka wawasan bagaimana melakukan riset dan publikasi sehingga dosen dapat memahami teknik-teknik terbaik dalam penelitian. Secara otomatis pemahaman ini akan digunakan oleh dosen sebagai bekal dalam melakukan penelitian secara mandiri maupun dalam membimbing mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Pengelolaan Program Studi merupakan hal yang juga akan didiskusikan dalam forum ketua program studi. Dalam forum ini akan dibahas bagaimana mengembangkan kurikulum yang tepat sehingga dapat menghasilkan akuntan yang berkualitas siap menghadapi tantangan global. Dalam SNA akan dilaksanakan Diskusi Forum Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (SNA) dan Forum Program Studi S1.

Acara SNA akan ditutup dengan kegiatan Rapat Umum Anggota IAI KAPd. Untuk SNA kali ini, rapat umum anggota memiliki makna strategis karena akan dilakukan pemilihan ketua umum IAI KAPd yang baru. Rapat Anggota memiliki dua agenda utama yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus 2012-2014 dan pemilihan ketua untuk periode 2014-2016.

Selain acara serius dalam bentuk workshop dan seminar, SNA juga merupakan arena untuk silaturahmi dan temu kangen sesama dosen, mahasiswa atau praktisi akuntansi. Acara gala dinner akan menjadi ajang untuk menjalin kerjasama sesama peserta. Dalam gala dinner peserta akan disuguhi dengan aneka kekhasan Lombok baik dari kuliner maupun kesenian khas Lombok.

Dalam SNA akan digelar pameran buku dan produk khas Mataram. Untuk program studi yang akan mengisi perpustakaannya atau kesulitan mencari buku-buku akuntansi, momen SNA dalam dijadikan ajang untuk berbelanja buku. Bagi yang mau membawa oleh-oleh, panitia sudah menyediakan tempat berbelanja di arena SNA sehingga lebih mudah.

Tidak lengkap rasanya jika kegiatan SNA tidak ditutup dengan tour menikmati indahnya pantai Sengigi, Pantai Kuta, snorkling di pulau Gili atau sekedar shopping membeli mutiara. Dalam perjalanan tour peserta dapat lebih saling mengenal sehingga dapat menambah teman dan sahabat. Hal yang pasti, SNA XVII seperti halnya acara pada setiap SNA, ingin menjadi momen indah yang tidak terlupakan serta selalu dapat kita ingat dan ceritakan di masa depan.

Ditunggu kehadirannya pada acara SNA XVII Mataram

Salam hangat

Dwi Martani

Informasi pendaftaran SNA : 021-31904232 atau 021 391089 atau 021 71544455 email: registrasi@iaiglobal.or.id