Inovasi – Ide yang Bernilai Tambah

Sudah lama tidak belajar ilmu manajemen setelah sekian lama lebih fokus pada bidang akuntansi dan pajak. Kesempatan belajar di Judge Business School dalam beberapa hari merupakan hal yang perlu disyukuri. Mengamati dari dekat Universitas Tertua kedua di Inggris dengan arsitek tua namun berhasil melahirkan orang-orang hebat yang memberikan banyak kontribusi pada peradaban.

Setidaknya ada semangat dan motivasi muncul untuk dapat mengambil pelajaran dari kehebatan para dosen Cambridge. Ada rasa malu sebagai dosen ternyata, jauh sekali prestasi dan nilai tambah yang telah diberikan untuk masyarakat dan sesama.

Menarik belajar tentang inovasi yang dibawakan langsung oleh Jaideep Prabhu. Pengajar yang masih sangat muda ini memulai mendefinisikan inovasi sebagai “The successful commercial exploitation of new ideas” begitu diungkap oleh Joseph Schumpeter (1883-1950). Ide saja belum bermakna apa-apa ketika ide tersebut belum dieksploitasi secara komersial.

Tapi mungkin saya punya definisi yang lebih bermakna karena kesan eksploitasi komersial terlalu berientasi bisnis. Menurut saya pribadi inovas adalah suatu ide yang berhasil memberikan manfaat dan nilai tambah bagi ummat. karena manfaat tidak sekedar komersia namun juga dapat juga manfaat sosial, dapat juga manfaat untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

Menarik untuk diperhatikan bahwa, kita sering terperangkap inovasi pada produk dan jasa, padahal inovasi memiliki dimensi yang luas. Menurut Jaideep, ada empat tipe inovasi:

  • Incremental innovation
  • Market breakthrough
  • High Technological breakthrough
  • Radical innovation
    Sources: Chandy and Tellis (1998) Sorescu, Chandy and Prabhu (2003)

Banyak organisasi yang hanya berfokus pada incremental innovation dengan melakukan perubahan produk dan jasa yang dilakukan. Banyak organisasi berhasil mencapai kesuksesan luar bisa dengan melakukan radical innovation. Tipe organisasi, kondisi lingkungan di mana organisasi beroperasi, perkembagnan teknologi akan sangat mempengaruhi inovasi yang tepat. Namun perlu direnungkan terkadang organisasi perlu melakukan breakthrough sehingga dapat menjadi pemenang di masa depan.

salam